September 20, 2018

KABAR YANG TERTINGGAL


Hello! It's been a month without any post (again). So here's a quick update about my current life. Semester ini nampaknya akan lebih menyenangkan semester lalu karena mata kuliahnya lebih variatif dan tugasnya cenderung lebih tidak terstruktur. Saya lebih senang dengan sistem yang seperti ini karena memberikan kesempatan yang lebih banyak untuk mengeksplorasi pengetahuan-pengetahuan baru. Oh ya, semester ini saya juga bergabung dengan sebuah komunitas bernama Kolektif Agora. Keberadaan komunitas ini rasanya cukup berhasil sebagai solusi dari keadaan saya yang demanding terus menerus buat ketemu teman-teman yang seumuran.

Bergabung dengan komunitas yang (lumayan) mirip dengan himpunan saat sudah 'ngga umurnya lagi' sejujurnya adalah pengalaman yang agak lucu kalau boleh dibilang begitu. Waktu S-1 saya memang bukan anak yang gemar berhimpun, meskipun beberapa kali jadi volunteer acara himpunan dan tetap datang ke (lumayan banyak) acara pengaderan. Waktu awal masuk S-2 saya pikir kegiatan saya bakal berputar-putar di aktivitas perkuliahan saja. Namun setelah beberapa kali mewawancarai Komunitas Aleut dan merasakan atmosfir pergerakan anak muda di Bandung, ya kenapa ngga dicoba aja? Ternyata memang bukan saya dan teman-teman di Kolektif Agora saja yang meskipun ngga anak kemarin sore banget, tetapi masih beraktivitas di perkumpulan. Seorang rekan yang sudah lulus S-3 dan sekarang menjadi antropolog budaya juga bahkan masih menjadi volunteer di komunitas yang meriset berbagai topik terkait perkembangan anak.

Ngomong-ngomong, semenjak saya bergabung dengan Kolektif Agora, kemampuan cuap-cuap saya juga bertambah. Entah hal ini perlu disyukuri atau ngga. Sebenarnya saya bukan orang yang pemalu kalau konteknya adalah berbicara di hadapan banyak orang. Tetapi mungkin karena waktu S-1 saya terbiasa untuk presentasi dibatasi dengan durasi tertentu, sadar ngga sadar, saya punya kemampuan untuk membatasi sesi cuap-cuap saya dan seringkali menyisakan beberapa menit dari durasi maksimal. Nah karena mereka, saya malah terlalu menikmati sesi cuap-cuap saya. Suatu ketika di kelas saya diberi kesempatan untuk memberikan presentasi tentang Summer Camp dengan durasi sebanyak 10 menit. Karena terlalu malas menyiapkan slide yang artistik, tetapi ngga mau juga tanpa slide, saya tetap membuat slide artistik dengan jumlah yang minimalis. Hanya empat slide yang saya buat. Surprisingly, saya justru membutuhkan waktu sebelas menit untuk menjelaskan empat slide yang sebenarnya didominasi gambar!

No comments:

Post a Comment

don't spam, please use nice words :)